Pages

Minggu, 28 Oktober 2012

Tips Memilih Buah Segar

Saat ini banyak supermarket yang menjual buah-buahan segar. Bagi anda yang ingin membeli buah tapi tak sempat ke pasar tradisional, supermarket menjadi pilihan. Berbeda dengan pasar tradisional, membeli buah di supermarket perlu kejelian tinggi. Kenapa? Supermarket relatif tidak memiliki petugas yang mengerti dan menguasai buah-buahan secara teknis. Umumnya tugas mereka sebatas mendisplay buah-buahan, menimbang, atau mengantar belanjaan anda ke mobil. Meski ada, tapi jarang ada petugas counter yang tahu seluk beluk memilih buah. Sementara di pasar tradisional, pembeli bisa langsung menanyakan kepada pembeli ciri-ciri buah yang masak. Biasanya pedagang berkata jujur.
Persoalan kedua, buah-buahan di Supermarket biasanya buah yang setengah matang ketika tiba di supermarket. Artinya buah tersebut belum matang ketika dipetik, melainkan matang karena proses diluar pohon. Banyak supermarket yang menjual buah yang masih hijau dan belum matang. Itu bisa terjadi karena supermarket menstok buah tersebut. Berbeda dengan buah yang dijual di pasar tradisonal. Para pedagang umumnya langsung menjual begitu matang di pohon.
Bagi kamu yang ingin memilih buah segar, jangan sampai kecewa dengan hasil pilihan kamu. Pilihlah buah yang bener-bener segar dan enak untuk dinikmati. Bukan buah yang dipanen sebelum waktunya. Selain itu , yang kamu inginkan tentu adalah buah yang mengandung banyak vitamin.

Berikut adalah tips untuk memilih buah yang bagus dan segar :

Apel :
Ketuk buahnya dengan jari tangan, jika bunyinya nyaring maka apel tersebut renyah dan banyak airnya. Jika bunyinya berat, maka apel itu sudah tidak renyah lagi atau airnya kering. Tekan buah apel, jika buah tersebut tidak keras lagi berarti buah tersebut tidak renyah lagi. Tentu nanti hasilnya akan mengecewakan jika dimakan. Apel yang baik adalah yang kulitnya mulus tidak ada bercak, saat dipegang masih terasa keras dan baunya harum.

Pisang :
Pilihlah buah pisang yang bulat dan hindari memilih buah pisang yang batangnya kering. Pisang yang bagus seharusnya berwarna kuning atau hijau. Jangan memilih pisang yang warnanya kecoklatan.

Melon :
Pilih buah melon yang kulitnya segar, tidak lembek. Ada yang mengatakan bahwa melon yang manis permukaannnya dipenuhi urat-urat yang sangat menonjol. Urat tersebut menutupi sebagian warna dasar kulit melon.

Anggur :
Pilih buah anggur yang masih menempel pada batang. Jangan memilih buah anggur yang sudah lembek dan berkerut, pilih buah anggur yang masih segar. Perhatikan juga ketebalan kulitnya, jika tipis, maka kandungan air yang terdapat dalam buah anggur tersebut banyak

Alpukat :
Pilih buah alpukat yang masih keras dan terang warna kulitnya (belum terlalu matang). Acuhkan buah alpukat yang dagingnya lembek ketika dipegang. Simpan buah alpukat yang dibeli tadi di dalam beras supaya cepat matang. Cara mengecek sudah matang atau belum yaitu tusukkan tusuk gigi ke dalam bagian daging yang dekat tangkai. Jika dapat digerakkan keluar masuk dengan mudah, berarti buah alpukat sudah matang.

Durian :
Gunakan indera penciuman Anda. Pegang buah durian dan jika terasa menyengat wanginya, berarti durian sudah matang. Potong tangkainya, kalau tengahnya kuning berarti bagus.

Jeruk :
Kebalikan dari apel. Kulit jeruk yang tidak mulus dan ada bercak-nya, itulah buah jeruk yang baik. Tancapkan juga kuku ibu jari Anda ke bagian tengah buah jeruk, jika lunak berarti jeruk itu bagus. Jangan lupa memilih buah jeruk yang masih segar, jangan pilih jeruk yang sudah lembek.

Mangga :
Pilihlah buah mangga yang harum baunya dan tidak lembek serta tidak ada memar di permukaan.
Pilih yang ujung tangkainya berwarna kekuningan.

Nanas :
Pilihlah nanas yang masih keras dan segar tangkainya.
Pilih buah nanas yang berwarna kuning cerah, yang tidak terlalu keras, dan beraroma manis. Pilih yang gemuk dan berat. Hindari yang warna kuningnya memudar, layu atau terlihat kecoklatan, atau terlihat kering pada keseluruhan bagian.

Pir :
Pilih buah pir yang mulus kulitnya, tidak ada bercak serta kondisi daging buahnya masih keras.

Semangka :
Jika buah semangka diketuk dengan jari terdengar bergema, maka buah itu segar dan bagus. Jika bekas tangkai berwarna kekuningan berarti buah tersebut telah matang, tetapi jika berwarna putih berarti belum matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text